Sunday, October 16, 2005

taDdrUs dAn pAha MuLus

tadarrus adalah aktivitas mulia, bahkan tradisi ini sangat besar perannya bagi pengembangan keilmuan. tadarrus sebagai aktivitas belajar yang paling utama,
bermakna proses membaca secara kontinu dan mendalam.

tadarrus dalam tradisi klasik, sering dihubungkan dengan al-qur’an. membaca al-qur’an disebut tadarrus, sedang membaca bacaan lain dikenal sebagai ber-iqra. baik membaca buku, maupun membaca tandatanda alam.

lalu bagaimana dengan paha mulus? paha mulus adalah bagian dari tandatanda alam. sebagai bagian dari tandatanda alam, maka paha mulus pun pantas untuk ditadarrusi.

apakah kau mampu mengambil pelajaran disana? atau kau hanya bisa merasakan birahi? itu terletak pada kemampuanmu mengaktualisasikan tadarrusmu. apakah benarbenar kau mampu tadarrus? atau kau hanya terbiasa untuk berselancar diatas fakta? tapi tak mampu mengungkap makna?

sungguh banyak orang yang tergelincir, karena kelicinan sepotong paha nan mulus. mungkin termasuk aku, tapi aku tak mau menjadi makhluk bodoh, aku mencoba untuk tadarrus, dan tak mau tergelincir untuk yang kedua kalinya.

memang, saat kau memandang paha mulus, kau akan tersedot dan merasa terhipnotis. itu karena disana termanifestasi cahaya allah. cahaya yang menyilaukan mata dan bahkan membutakan.

disaat kau merasa silau, apakah kau juga akan silap? awas disana ada cahaya, cahaya yang tidak hanya menyilaukan, bahkan juga bisa membakarmu.

No comments: