Saturday, October 15, 2005

pUasA daRi haLhaL beSar

puasa berarti membakar, tapi, proses membakarnya dilakukan dengan menahan. lalu dimana korelasinya? sesungguhnya, dengan menahan, kau sedang membakar hasrat dan keinginanmu. sehingga berpuasa akan membakar melalui menahan.

tentu ini hal yang sudah biasa. dalam puasa, kita selalu menahan. menahan untuk tidak makan, minum, dan berbagai hal lainnya. tapi satu hal mendasar yang menarik, tentang puasa dan hidup ini, yaitu apa yang harus di bakar dan apa yang tidak harus dibakar.

dalam bulan ramadhan, tentu sudah jelas apaapa yang harus ditahan. namun dalam kehidupan seharihari, tentu tidak akan sesederhana dan sejelas itu. menurutku, dalam kehidupan seharihari, ada satu hal yang pantas untuk kita puasa. puasa dari memikirkan halhal besar!

seringkali dalam hidup keseharian, kita selalu berbicara tentang berbagai tema besar. mulai dari ideologi sampai revolusi, halhal bombastis dan ‘buessarr’ itu adalah menu utama pembicaraan.

pernahkah kita menyadari bahwa, ada banyak hal yang menjadi terabai, bahkan terlupa. hanya karena kegilaan kita pada halhal besar. seperti tulus senyum bocah tetangga, percik dan pijar api di dapur, rintik hujan diatap. padahal disana ada nuansa, yang hanya bisa dicandra, kalau kita berani puasa dari halhal besar.

No comments: