Friday, October 21, 2005

al-Qur'An yanG eroTis daN roManTis

seringkali kita menemukan, orang enggan membaca al-qur’an, atau ogah ikut pengajian al-qur’an. penyebabnya hanyalah persoalan sepele. al-qur’an hanya selalu menakutnakuti. dia selalu mengeluarkan ancaman, dan menceritakan kemurkaan allah.

hal ini diakibatkan oleh cara kita mensosialisasikan al-qur’an. al-qur’an menjadi momok yang menakutkan, al-qur’an menjadi kitab yang meyeramkan. karena kita hanya selalu menceritakan sisi itu.

tidak bisa dipungkiri, memang al-qur’an menceritakan ancaman dan siksa, tapi dia juga mendedahkan janji dan ampunan, dia juga menjelaskan nikmat dan anugrah.

nah… tinggal cara kita, apakah kita bisa mengemas isi al-qur’an, menjadi menyeramkan dan menakutkan, ataukah kita menjadikannya nikmat, erotis dan romantis.

misalnya tentang kematian, cerita tentangnya tak ubah cerita horor, dia menteror dan mentakutkan. padahal kematian adalah hal yang pasti. bukankah lebih baik, kalau kematian itu diceritakan menarik? sebagai sebuah kepastian yang pantas disambut dengan gembira? dan bukannya sebagai sebuah akhir dari segalanya?

ceritakanlah sebuah mati yang erotis dan romantis!

No comments: