Tuesday, September 26, 2006

Puasa Kian Berat

Akhirnya tercium juga aroma darat... Alhamdulillah ya Allah, aku selamat sampai di daratan tanpa kekurangan sesuatu yang berarti. Cuma sedikit lelah secara fisik. Tapi dengan harapan untuk bertemu dengan para sahabat hati yang sudah menanti, lelah itu hilang dengan sendirinya.

Ini malam pertamaku di Jakarta... Sebagaimana tahun lalu, puasa di Jakarta membutuhkan kemampuan untuk membangun suasana yang demikian religius dalam batin yang dalam. Maklum, Jakarta sebagai kota metropolitan telah demikian kuat menggerus tradisi-tradisi religiusitas masyarakatnya.

Aku tertatih mengawal rasa rindu pada tadarus di malam sunyi. Aku merangkak untuk menjaga semangat keikhlasan ditengah serbuan gaya hidup dan tarikan prestise. Sungguh perjuang menjaga puasa menjadi lebih berat.

Beruntung aku dikelilingi oleh sahabat hati yang mengerti... Mereka adalah orang-orang yang punya hati dan nurani. Mampu mengingatkanku untuk tabah, sabar dan lebih tangguh. Ya... semoga aku menjadi pribadi yang kuat, memiliki jiwa yang tenang dan tercerahkan, serta bisa menjadi teladan umat. Amin…

No comments: