Thursday, June 01, 2006

iNtegRitAs dAn peRsaHabAtaN

dalam sebuah kesempatan, seorang teman mengingatkan aku dengan hikmah dari samuel johnson, “tidak mungkin ada persahabatan tanpa kepercayaan, dan tidak ada kepercayaan tanpa integritas”. aku sepenuhnya tersindir dengan pertanyaan ini, apa temanku itu sudah menganggap aku tak lagi memiliki integritas sehingga tak layak lagi dipercaya?

memang, integritas merupakan hal yang begitu sulit, bila kita memahami integritas itu berarti tanpa pernah berbuat salah alias perpect dan sempurna. bagiku, integritas itu lebih pada kematangan pribadi kita untuk mengakui kalau kita berbuat salah, meminta maaf pada pihak yang dirugikan dan terakhir berusaha memperbaiki kesalahan.

tapi memang kedua defenisi integritas ini sama-sama sulit. tak ada manusia yang sempurna, tapi juga tak jarang manusia begitu sulit untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan. hampir semua manusia lebih memilih untuk dianggap sempurna dan tanpa salah, meski harus berpura-pura dan sering menutupi kesalahan agar mereka di klaim memiliki integritas.

padahal bagiku, apasih susahnya mengakui kesalahan? padahal kita semua sudah tahu bahwa pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. buat apa berpura-pura sempurna dan menutup-nutupi kesalahan, menghabiskan energi saja. kalaupun ada orang yang kemudian menolak bersahabat denganku karena aku tidak sempurna, itu bukan masalah buatku.

seperti kata pepatah “sahabat sejati bukanlah mereka yang selalu membenarkan kata-katamu saja, melainkan mereka yang juga mampu menunjukkan kesalahan-kesalahanmu pula”. aku lebih memilih sahabat yang siap memaafkan dan memberiku kesempatan belajar dan memperbaiki kesalahan.

anda sepakat denganku? kalau begitu, anda termasuk salahsatu sahabatku.... selamat datang

No comments: