Sunday, November 19, 2006

Malangnya Nasibmu, Sidoarjo

Pagi hari tadi kami bertolak meninggalkan Malang. Sengaja kami tidak makan apa-apa di pagi hari sebelum berangkat. Kami akan melakukan tindakan gila-gilaan dengan sarapan apel. Malang sebagai kota yang terkenal dengan apelnya akan makin terkenang kalau kita melakukan ini, demikian saran seorang teman.

Sepanjang jalan pulang ke Yogya, kami menempuh arah ke Sidoarjo sekalian untuk melihat lumpur lapndo, kami hanya mengkonsumsi apel dan air putih. Gila kan! Beberapa kilo apelyang kami beli ludes untuk mengganjal perut yang memang belum diisi apa-apa. Setelah beberapa jam kami menempuh perjalanan yang macet, sampailah kami di lokasi meluapnya lumpur lapindo.

Menyaksikan bencana ini kami semua hanya bisa termangu dan berdoa pada Allah yang Maha Kuasa, berharap semoga ini bukan adzab dan siksa. Rumah-rumah, kendaraan, tempat ibadah, dan fasilitas pendidikan telah dilumat oleh semburan lumpur ini. Aku jadi merenung, betapa besar perlawanan alam pada manusia yang telah bertindak eksploitatif kepadanya.

No comments: