Tuesday, October 10, 2006

Maaf Dan Taubat

terkadang dalam hidup, kita mengalami kejadian yang membuat kita bersedih dan merasakan duka lara yang dalam. dada terasa sesak, nafas seperti memburu, badan lumpuh, pikiran buntu, akal serasa kelam dan jiwa membatu. hanya airmata yang terus menderas dan isak tangis yang senantiasa terngiang.

kalau kita memperturutkan perasaan, maka akan ada banyak hal yang membuat kita berdukadan bersedih. bahkan dalam sehari begitu banyak hal-hal remeh yang memancing emosi untuk terharu dan menangis.

tapi apakah dengan itu maka pantas kita untuk menghabiskan waktu sepanjang hidup hanya untuk meratap dengan lara?

padahal tentukita telah tahu bersama bahwa tak ada satupun model kesedihan yang dapat mengembalikan apa yang telah terjadi dan berlalu. padahal tentu kita juga telah faham bahwa tak ada segores lukapun yang dapat memperbaiki kesalahan.

buat apa kita membiarkan hati dibelasah sedih dan jiwa didera duka. lebih baik kita belajar memandang kesalahan dengan optimisme dan duka lara dengan positif. mari kita belajar memberi maaf kepada sesama makhluk dan bertaubat kepada sang khalik.

nampaknya maaf dan taubat inilah yang menjadi kunci utama agar kita menjadi manusia yang bisa belajar dari masa lalu.

3 comments:

Asmaul_Azizah said...

Assalamualaikum....
Salut... Nasihat yg bagus, aku setuju banget dg jln pikiran km. Emang segala sesuatu mesti kita pikirkan dg jernih, aku jg tak suka bersedih" terlalu lama. Kita sedih keadaan ya begini, senang ya begini, takdir tetep berlaku kan. Jadi enjoy your live, rite ?

BRAJADENTA said...

memberi maaf lebih mudah daripada minta maaf, kadang kita juga lupa bahwa kita adalah tempat salah dan dosa...
kita hanya merasa bahwa kita paling benar sehingga kita ga mau kalo kita ngerasa sedih ato di sakiti, padahal sadar ato tidak mungkin kita sudah mengecewakan banyak orang ato bahkan mungkin mengecewakan sang Pencipta.
setidaknya kita mulai belajar minta maaf pada sang pengatur kehidupan...

nice post...

pyuriko said...

Maaf, kalo daku ada salah...

mari kita bermaaf2an.... dan segera bertaubat jika melakukan kesalahan...
Hikz,.. jadi inget segala dosa2 atas kesalahan2 yg pernah diperbuat...