Tuesday, April 25, 2006

MenoeLis sKaLi laGi

menoelis adalah aktivitas jang tidak bisa dipisahkan dari keseharian manoesia pada saat ini. manoesia jang tidak bisa ataoe tidak pernah menoelis adalah manoesia jang serta merta terkategori sebagai manoesia primitif. bahkan setjara tegas dapat dikatakan bahwa manoesia jang tidak menoelis adalah manoesia jang tidak poenja sedjarah, karena menoelis adalah memboeat sedjarah.

dengan menoelis, manoesia mampoe mengoengkapkan pikirannja dalam medioem kata. menoelis adalah bermain dengan makna melaloei katakata dan tanda batja. manoesia memboeat sedjarahnja dari toempoekan hoeroef terangkai kata, dari kata tersoesoen kalimat, kalimat terbingkai paragraf sampai berpoeloeh, beratoes dan beriboe bahkan berdjoetadjoeta halaman penoeh.

sedjarah berdjoebel, meloeap, toempah dan tertjetjer kemanamana. apa jang memboentjah itoe kemoedian dimamah oleh pembatja jang dengan setia mengoerai katakata dan tanda batja itoe dalam stroektoer rasionja dalam merekonstroeksi pemahaman atas makna jang termoeat. tertjiptalah rangkaian sedjarah pandjang kemanoesiaan. sekelompok makhloek toehan jang pandai berkata dan lihai bertjerita.

roland barthes mengoengkapkan bahwa sedjarah tak lagi mendokoementasikan ‘jang njata’ melainkan mentjipta ‘jang bisa difahami’. dan memang demikianlah adanja. manalah moengkin pemahaman manoesia mampoe dan maoe mentjipta sesoeatoe jang tak bisa difahami dan dimengertinja. boekankah manoesia mengakoe diri boekan makhloek bodoh karena poenja rasio? milik manoesia jang demikian dihargai, dihormati bahkan dipertoehankannja.

lewat rasio inilah logos bertjokol dan bertahta membentoek keradjaan katakata dalam sedjarah oemat manoesia. rasio meraba makna laloe meloekiskannja dalam rasa jang bisa dirasa oleh perasaan. pada akhirnja semoea sedjarah tak lain hanja sedjarah makna, jakni sedjarah rasio pada oemoemnja, demikian oengkap jacques derrida.

laloe apa poela logos itoe? apakah dia seorang sahabat jang dengan toeloes mendjadi karib? ataoekah dia adalah moesoeh jang dengan ikhlas mendjadi akrab? logos adalah kekoeatan mistik firman toehan jang melahirkan makna dan rasio pada kata, djawab peter pericles trifonas. sedjarah adalah kata, rasio sedjarah adalah rasio kata, landjoet peter.

bila demikian adanja, maka kehadiran logos telah mematikan manoesia dan memendjarakan imadjinasinja dalam sekapan makna dan rasio pada kata jang terpatri bakoe dan kakoe. toelisan jang digoreskan oleh manoesia dalam asoemsi sebagai oepaja mengkonstroeksi sedjarahnja hanjalah sebilah pisaoe jang ditoesoekkan langsoeng menemboes djantoeng kemanoesiaan.

toelisan jang terkonstroeksi dalam wadjah kata, bekerdja dalam makna dan rasio menoeroet radhar panca dahana telah memboeat foengsi manoesia jang tjendekia, jang kontemplatif dan mampoe mentjiptakan djarak dengan apapoen lenjap. ditelan kenjataan. ditelan pergerakan hidoep, gelombang peroebahan jang begitoe koeat menghisap. mampoekan manoesia membebaskan imadjinasinja dari belitan kata jang terkonstroek dalam makna dan rasio jang logis dalam katjamata logos?

akhirnja toelisan inipoen hanjalah timboenan kata-kata jang boekannja mentjeritakan kenjataan, melainkan memerangkap rasa dalam pemahaman. laloe boeat apa manoesia menoelis kalaoe toelisan itoe malah balik memboenoeh para penoelis? memboenoeh manoesia? menoelis tetap penting dan selaloe diboetoehkan apabila kita mampoe menangkap hakekatnja sebagai ikhtiar manoesia oentoek memioeh hal ikhwal dan memadatkan realitas dalam roeang pemampatan imadjinasi.

boekankah imadjinasi adalah satoe-satoenja sendjata dalam perang melawan realita menoeroet djoeles de gaoeltier? inilah barangkali maksoed toehan lebih memerintahkan manoesia membatja daripada menoelis karena menoelis bisa memboeat manoesia berimadjinasi liar bahkan mendjadi toehan sekalipoen. sementara membatja akan memendjara manoesia dalam makna dan rasio jang dihasilkan oleh logos. boekankah logos nama lain dari toehan?

--tjatatan oentoek kemandoelan menoelis--

No comments: