Wednesday, January 17, 2007

menjadi individualis

banyak orang yang salah kaprah terhadap individualisme, termasuk aku pada awalnya. aku menganggap individualisme adalah sebentuk sifat negatif dalam berperi kehidupan sosial. orang indivisualis adalah para motor penggerak kapitalisme, sangat anti sosial dan gelar negatif lainnya.

tapi setelah aku pikir beribu pikir, akhirnya kuputuskan untuk menjadi seorang individualis sejati. alasanku sederhana saja, aku sudah bosan selalu dilibatkan dalam persoalan yang sesungguhnyatidak terkait denganku.

ketika menghadapi berbagai macam bencana, menurunnya kulaitas pendidikan nasional serta berbagai persoalan besar lainnya, penguasa indonesia selalu mengatakan “ini tanggung jawab kita bersama”. memang kedengarannya mulia, tapi setelah aku renungkan, aku sadar bahwa penguasa itu sengaja melempar tanggungjawabnya ke semua pihak.

dengan menjadi indivisualis, minimal aku tidak akan menjadi seperti penguasa bobrok itu. Aku akan belajar untuk meng-aku kalau ada persoalan yang memang menjadi tanggungjawabku. bukannkah meng-aku merupakan hakikat dari seorang individualis sejati? Aku akan meng-aku-i kesalahan, kelalaian dan kegagalanku.

AKU MENG-AKU, AKU INDIVIDUALIS SEKARANG...

No comments: